Kamis, 10 November 2011

Resume Kuliah


Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatu …
Pada kesempatan ini,saya memosting sebuah artikel tentang materi kuliah (PTI) Pengantar Teknologi Informasi yang dijelaskan di Laboratorium Komputasi pada hari kamis, 10 November 2011 pukul 11.50 sampai selesai. Pembawa Materi adalah dari Kelompok 9. Materi yang dibawakan yaitu menjelaskan tentang Definisi dan trend perkembangan web dinamis. Di pembahasan sebelumnya telah dijelaskan mengenai web client dan web server, dimana web server dapat mengacu ke perangkat keras (komputer) atau perangkat lunak (aplikasi komputer) yang membantu untuk memberikan konten yang dapat diakses melalui internet sedangkan web client menyediakan user sebuah interface dimana akan meminta server dan menampilkan respon dari server. Dalam menerima penjelasan dari materi ini kami semua sedikit bisa paham karena  sebagian telah dijelaskan pada persentase sebelumnya. Tadi juga telah dijelaskan mengenai web statis, serta perbedaan antara PHP dan HTML, dan sebagainya. Namun Kelompok ini diberi amanah dari Bapak agar mengulang persentasenya minggu depan karena rata rata cara menjelaskannya masih kurang.

Kemudian dilanjut dengan materi kedua yaitu CMS (Content Management System) dan perkembangan Joomla, dimana pada pembahasan materi ini saya bertindak sebagai pembawa materi. Tetapi karena CMS ini khususnya CMS Joomla belum saya terlalu pahami jadi dalam persentase kali ini bisa dibilang kurang. Tapi pada intinya yang saya mau jelaskan yaitu CMS (Content Management System terbentukoleh 3 elemen dasar yaitu Webserver (Hubungan dengan Internet), PHP (bahasa pemerograman pada web) dan SQL (data base). Oleh karena itu saya diberi amanah oleh Bapak agar saya dan teman kelompok saya membuat CMS Joomla sendiri sebelum mempersentasekannya dan membuat laporannya serta dikumpul minggu depan. Dan Insya Allah saya akan mempersentasekannya lagi pada tanggal 17 November 2011. Dan pada persentase yang akan datang ini saya dan teman teman akan berupaya secara maksimal untuk menjelaskan yang namanya CMS dan Perkembangan CMS Joomla. Saya juga minta doanya agar diberi kelancaran dalam persentase, amin....,
Sebenarnya Kelompok 11 yang naik dahulu, tetapi mereka blum siap jadi dilanjutkan pada kelompok berikutnya.

Selanjutnya materi terakhir, yaitu layanan aplikasi web yaitu Blog yang dibawakan oleh kelompok 12. Pada pembahasan ini kami sudah dapat sedikit mengerti karena memang pembahasan blog ini sudah diterangkan sebelumnya pada asisten. Dan kami semua sudah dapat membuat blog dan mempunyai blog masing masing. Kata Bapak persentase yang dibawakan oleh kelompok 12 ini sudah cukup lumayan dan lebih bagus daripada persentase sebelumnya.
Mungkin hanya ini yang dapat saya rangkumkan mengenai materi PTI yang berlangsung hari ini. Semoga dapat dimengerti.
Wassalamu Alaikum warahmatullahi wabarakatu....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar